Wednesday, September 11, 2013

PENGERTIAN PEMBELAJARAN



Pengertian Pembelajaran
Proses belajar berkaitan erat dengan proses pembelajaran. Maka  peristiwa belajar yang disertai dengan proses pembelajaran akan lebih terarah dan sistematik daripada belajar yang hanya semata-mata dari pengalaman dalam kehidupan sosial masyarakat.
Dalam pembelajaran terdapat suatu pesan untuk dikomunikasikan. Pesan itu berupa materi subjek khusus, arahan bagi siswa sebagaimana perolehan terbaik dalam belajar, pertanyaan tentang isi yang dipelajari, umpan balik untuk membantu isi yang dipelajari, umpan balik untuk membantu siswa dan informasi yang lainnya.
Menurut Hamalik (2001: 61), “Pembelajaran adalah upaya mengorganisasi lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik.” Sejalan dengan pengertian tersebut, Suherman dkk. (2001: 9) mengatakan,
Proses pembelajaran adalah proses pendidikan dalam lingkup persekolahan, sehingga arti dari proses pembelajaran adalah proses sosialisasi individu siswa dengan proses lingkungan sekolah, seperti guru, sumber/fasilitas, dan teman sesama siswa.

Dari beberapa pengertian tentang pembelajaran di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan siswa, sehingga terjadi proses belajar. Lingkungan dalam pengertian tersebut bukan hanya ruang kelas atau ruang belajar, tetapi meliputi guru, alat-alat pembelajaran, perpustakaan, laboratorium dan sebagainya yang relevan dengan kegiatan belajar siswa.
Dalam konsep komunikasi menurut Suherman dkk. (2001: 9), “Pembelajaran adalah proses komunikasi fungsional antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, dalam rangka perubahan sikap dan pola pikir yang akan menjadi kebiasaan bagi siswa yang bersangkutan.”
Berdasarkan pengertian di atas, maka dalam pembelajaran seorang guru berperan sebagai komunikator, siswa sebagai komunikan, dan materi yang dikomunikasikan berisi pesan berupa ilmu pengetahuan. Seorang guru dalam suatu proses pembelajaran, selain harus komunikatif, juga harus selalu siap dengan adaptasi berbagai teknik pembelajaran yang meliputi strategi, pendekatan dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menghadapi berbagai siswa yang berbeda bakat, kemampuan dan kebutuhannya, guna tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Sumber : 
- Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Suherman, Erman 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI Bandung.

No comments:

Post a Comment