Pengertian Pembelajaran
Proses
belajar berkaitan erat dengan proses pembelajaran. Maka peristiwa belajar yang disertai dengan proses
pembelajaran akan lebih terarah dan sistematik daripada belajar yang hanya
semata-mata dari pengalaman dalam kehidupan sosial masyarakat.
Dalam
pembelajaran terdapat suatu pesan untuk dikomunikasikan. Pesan itu berupa
materi subjek khusus, arahan bagi siswa sebagaimana perolehan terbaik dalam
belajar, pertanyaan tentang isi yang dipelajari, umpan balik untuk membantu isi
yang dipelajari, umpan balik untuk membantu siswa dan informasi yang lainnya.
Menurut
Hamalik (2001: 61), “Pembelajaran adalah upaya mengorganisasi lingkungan untuk
menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik.” Sejalan dengan pengertian
tersebut, Suherman dkk. (2001: 9) mengatakan,
Proses
pembelajaran adalah proses pendidikan dalam lingkup persekolahan, sehingga arti
dari proses pembelajaran adalah proses sosialisasi individu siswa dengan proses
lingkungan sekolah, seperti guru, sumber/fasilitas, dan teman sesama siswa.
Dari
beberapa pengertian tentang pembelajaran di atas, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan
sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan siswa, sehingga terjadi proses
belajar. Lingkungan dalam pengertian tersebut bukan hanya ruang kelas atau
ruang belajar, tetapi meliputi guru, alat-alat pembelajaran, perpustakaan, laboratorium
dan sebagainya yang relevan dengan kegiatan belajar siswa.
Dalam
konsep komunikasi menurut Suherman dkk. (2001: 9), “Pembelajaran adalah proses
komunikasi fungsional antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, dalam
rangka perubahan sikap dan pola pikir yang akan menjadi kebiasaan bagi siswa
yang bersangkutan.”
Berdasarkan pengertian di atas, maka dalam
pembelajaran seorang guru berperan sebagai komunikator, siswa sebagai
komunikan, dan materi yang dikomunikasikan berisi pesan berupa ilmu
pengetahuan. Seorang guru dalam suatu proses pembelajaran, selain harus
komunikatif, juga harus selalu siap dengan adaptasi berbagai teknik
pembelajaran yang meliputi strategi, pendekatan dan metode yang digunakan dalam
proses pembelajaran untuk menghadapi berbagai siswa yang berbeda bakat,
kemampuan dan kebutuhannya, guna tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang
efektif dan efisien.Sumber :
- Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Suherman, Erman 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI Bandung.
No comments:
Post a Comment