Friday, September 13, 2013

Hubungan Penggunaan Microsoft PowerPoint dengan Minat dan Hasil Belajar



Hubungan Penggunaan Microsoft PowerPoint dengan Minat dan Hasil Belajar

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran. Menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2002:137) media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran adalah suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri. Karena memang guru yang menghendaki untuk membantu tugas guru dalam menyampaikan pesan-pesan dari materi pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media, maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh peserta diidk, terutama materi pembelajaran yang rumit atau kompleks. Sehingga dapat terlihat jelas bahwa media pembelajaran sangat penting kedudukannya dalam kegiatan pembelajaran.
Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2002:147) yaitu program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik. Program tersebut harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik isinya, strukturnya, maupun kedalamannya. Meskipun secara teknis program itu sangat baik, jika tidak sesuai dengan kurikulum maka tidak akan banyak membawa manfaat, bahkan mungkin hanya menjadi beban, baik bagi peserta didik maupun bagi guru. Materi pembelajaran harus menjadi pertimbangan penting bagi guru dalam memilih media, agar penggunaan media dapat optimal dalam proses pembelajaran.
Nilai-nilai praktis media pembelajaran menurut Nana Sudjana (dalam Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2002:155) adalah dengan media dapat meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berpikir, karena dapat mengurangi verbalisme, media dapat memperbesar minat dan perhatian peserta didik untuk belajar serta media dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar sehingga hasil belajar bertambah mantap. Pada dasarnya media pembelajaran dan minat belajar memiliki kaitan yang erat dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Microsoft PowerPoint.
Sumber :
-          Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Pembelajaran. Jakarat: PT Rineka Cipta.

No comments:

Post a Comment