Hubungan Penggunaan Microsoft
PowerPoint dengan Minat dan Hasil Belajar
Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran. Menurut
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2002:137) media sebagai alat bantu dalam
proses pembelajaran adalah suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri. Karena
memang guru yang menghendaki untuk membantu tugas guru dalam menyampaikan
pesan-pesan dari materi pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada peserta
didik. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media, maka materi pembelajaran sukar untuk
dicerna dan dipahami oleh peserta diidk, terutama materi pembelajaran yang
rumit atau kompleks. Sehingga dapat terlihat jelas bahwa media pembelajaran
sangat penting kedudukannya dalam kegiatan pembelajaran.
Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran
menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2002:147) yaitu program
pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik. Program tersebut harus
sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik isinya, strukturnya, maupun
kedalamannya. Meskipun secara teknis program itu sangat baik, jika tidak sesuai
dengan kurikulum maka tidak akan banyak membawa manfaat, bahkan mungkin hanya
menjadi beban, baik bagi peserta didik maupun bagi guru. Materi pembelajaran
harus menjadi pertimbangan penting bagi guru dalam memilih media, agar
penggunaan media dapat optimal dalam proses pembelajaran.
Nilai-nilai praktis media pembelajaran menurut Nana Sudjana (dalam
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2002:155) adalah
dengan media dapat meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berpikir, karena
dapat mengurangi verbalisme, media dapat memperbesar minat dan perhatian
peserta didik untuk belajar serta media dapat meletakkan dasar untuk
perkembangan belajar sehingga hasil belajar bertambah mantap. Pada dasarnya
media pembelajaran dan minat belajar memiliki kaitan yang erat dalam proses
pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Microsoft PowerPoint.
Sumber :
-
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2002. Strategi
Belajar Pembelajaran. Jakarat: PT Rineka Cipta.
No comments:
Post a Comment