Friday, September 13, 2013

Model pembelajaran kooperatif



Model pembelajaran kooperatif
Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang menggunakan sistem pengelompokan/tim kecil yaitu empat sampai enam orang (Trianto 2009: 167). Pada umumnya kelompok bersifat heterogen, dalam arti setiap siswa yang ada dalam kelompok memiliki tingkat kemampuan akademis yang berbeda-beda (tinggi, sedang dan rendah). Dengan gender yang berbeda (laki-laki dan perempuan)  dan jika kemungkinan dari ras, suku budaya yang berbeda. Dengan pembagian kelompok jelaslah pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut  Trianto  (2009: 55) terdapat empat prinsip dasar dalam pembelajaran kooperatif sebagai berikut :
a.              Prinsip Ketergantungan Positif
Prinsip ketergantungan positif merupakan ketergantungan semua anggota kelompok untuk mencapai keberhasilan penyelesaian tugas kelompok dengan adanya pembagian tugas.
b.             Tanggung jawab perseorangan
Prinsip ini merupakan konsekuansi prinsip yang pertama, yaitu setelah ada pembagian tugas maka setiap anggota kelompok harus memiliki tanggungjawab sesuai dengan tugasnya.
c.              Interaksi tatap muka
Pembelajaran kooperatif memberi ruang dan kesempatan yang luas kepada setiap anggota kelompok untuk bertatap muka saling memberikan informasi dan saling membelajarkan, sehingga dapat memberikan pengalaman yaang berharga kepada setiap anggota kelompok untuk bekerja sama, menghargai setiap perbedaan, memanfaatkan kelebihan masing-masing dan saling mengisi kekurangan masing-masing.
d.             Partisipasi dan komunikasi
Pembelajaran kooperatif mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dan belajar berkomunikasi dengan baik misalkan menyatakan ketidak setujuan dengan cara yang baik maupun ketika akan menyampaikan gagasan untuk keberhasilan kelompok.
Sumber :
-            Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta :  Kencana Perdana Media Group.

No comments:

Post a Comment