Karakteristik Matematika
Ruseffendi (1991: 260)
mengemukakan bahwa, matematika adalah ratunya ilmu (Mathematics is the Queen of the Sciences). Oleh sebab itu, mata pelajaran matematika yang
diajarkan di sekolah yang memiliki kegunaan yang sangat besar. Dalam belajar
matematika siswa dilatih kecepatan dan ketepatan dalam berhitung, serta
menciptakannya dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu kimia, fisika, geologi,
biologi, dan lain-lain sebagainya dapat dikatakan turunan dari matematika.
Artinya, rumus-rumus dasarnya yang terdapat pada ilmu-ilmu tersebut, mengikuti
prinsip-prinsip matematika.
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Matematika merupakan ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan,
dan prosedur oprasional yang digunakan dalam menyelesaikan masalah mengenal
bilangan”. (Fokusmedia, 2009:
627)
Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat
dijelaskan bahwa hasil belajar matematika merupakan perubahan tingkah laku
sebagai hasil belajar pada mata pelajaran matematika yang mencakup ranah kognitif,
afektif, dan psikomotor dalam proses belajar mengajar.
- Reseffendi,
ET. 1991. Pengantar Kepada Membatu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam
Mengajar Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.- TN, 2009. Undang-undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fm Fokusmedia.
No comments:
Post a Comment