Thursday, September 12, 2013

KARAKTERISTIK MATEMATIKA

Karakteristik Matematika
Ruseffendi (1991: 260) mengemukakan bahwa, matematika adalah ratunya ilmu (Mathematics is the Queen of the Sciences). Oleh sebab itu, mata pelajaran matematika yang diajarkan di sekolah yang memiliki kegunaan yang sangat besar. Dalam belajar matematika siswa dilatih kecepatan dan ketepatan dalam berhitung, serta menciptakannya dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu kimia, fisika, geologi, biologi, dan lain-lain sebagainya dapat dikatakan turunan dari matematika. Artinya, rumus-rumus dasarnya yang terdapat pada ilmu-ilmu tersebut, mengikuti prinsip-prinsip matematika.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Matematika merupakan ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur oprasional yang digunakan dalam menyelesaikan masalah mengenal bilangan”. (Fokusmedia, 2009: 627)
Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat dijelaskan bahwa hasil belajar matematika merupakan perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar pada mata pelajaran matematika yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dalam proses belajar mengajar.
Reseffendi, ET. 1991. Pengantar Kepada Membatu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Mengajar Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
TN, 2009. Undang-undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fm Fokusmedia.

No comments:

Post a Comment