Friday, September 13, 2013

Matematika



Matematika
Beberapa pandangan ahli yang memberikan pendapat tentang matematika di antaranya:
1)        Menurut Johnson dan Myklebust (Mulyono Abdurrahman, 2003:252).
Matematika adalah bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan, dan fungsi teoretisnya adalah untuk memudahkan berpikir.
2)        Menurut Herman Hundoyo (1998:3).
Matematika sebagai ilmu mengenai struktur yang mencakup tentang hubungan pola maupun ide-ide (gagasan-gagasan), struktur-struktur dan hubungan-hubungan yang diatur secara logika dengan menggunakan pembuktian deduktif.
3)        Menurut E. T. Ruseffendi (2006:260).
Matematika timbul karena fikiran-fikiran manusia, yang berhubungan dengan idea, proses dan pelalaran. Matematika terdiri dari 4 wawasan yang luas, yaitu aritmatika, aljabar, geometri, dan analisis. Selain itu matematika adalah ratunya ilmu (Mathematics is the Queen of the Sciences). Maksudnya matematika itu tidak bergantung kepada bidang studi lain.
Matematika mempunyai peranan penting dalam sektor pendidikan, ekonomi, penelitian, kesehatan, pembangunan, dan lain sebagainya. Matematikapun menjadi suatu bidang ilmu yang harus dipelajari oleh setiap individu dalam lingkungan sekolah, baik dasar maupun menengah. Dengan dipelajarinya matematika, memungkinkan tiap individu dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan, karena sebelumnya telah terbiasa dihadapkan dengan masalah yang terdapat dalam pelajaran matematika yang sulit dan sukar dipahami oleh individu tersebut.

Sumber :
-          Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
-          Hundoyo, Herman. 1998. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
-          Ruseffendi, E. T. 2006.  Pengantar kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Mengembangkan CBSA, Bandung: Tarsito.

No comments:

Post a Comment