Matematika
Beberapa pandangan ahli yang memberikan pendapat tentang matematika di
antaranya:
1)
Menurut Johnson dan
Myklebust (Mulyono Abdurrahman, 2003:252).
Matematika
adalah bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan
hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan, dan fungsi teoretisnya adalah
untuk memudahkan berpikir.
2)
Menurut Herman Hundoyo (1998:3).
Matematika
sebagai ilmu mengenai struktur yang mencakup tentang hubungan pola maupun
ide-ide (gagasan-gagasan), struktur-struktur dan hubungan-hubungan yang diatur
secara logika dengan menggunakan pembuktian deduktif.
3)
Menurut E. T.
Ruseffendi (2006:260).
Matematika
timbul karena fikiran-fikiran manusia, yang berhubungan dengan idea, proses dan
pelalaran. Matematika terdiri dari 4 wawasan yang luas, yaitu aritmatika,
aljabar, geometri, dan analisis. Selain itu matematika adalah ratunya ilmu (Mathematics is the Queen of the Sciences).
Maksudnya matematika itu tidak bergantung kepada bidang studi lain.
Matematika mempunyai peranan penting
dalam sektor pendidikan, ekonomi, penelitian, kesehatan, pembangunan, dan lain
sebagainya. Matematikapun menjadi suatu bidang ilmu yang harus dipelajari oleh
setiap individu dalam lingkungan sekolah, baik dasar maupun menengah. Dengan
dipelajarinya matematika, memungkinkan tiap individu dapat menyelesaikan
masalah yang terjadi dalam kehidupan, karena sebelumnya telah terbiasa
dihadapkan dengan masalah yang terdapat dalam pelajaran matematika yang sulit
dan sukar dipahami oleh individu tersebut.
Sumber :
-
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
-
Hundoyo, Herman. 1998. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta:
Depdikbud.
-
Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar
kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk
Mengembangkan CBSA, Bandung: Tarsito.
No comments:
Post a Comment