Friday, September 13, 2013

Pembelajaran Berbasis Komputer



Pembelajaran Berbasis Komputer
Computer-Aided Instruction atau Computer-Assited Instruction (CAI) di Indonesia biasa disebut Pembelajaran Berbasis Komputer atau pembelajaran berbantuan komputer. Menurut Bambang Warsita (2008:137),
Media pembelajaran berbasis komputer, atau biasa disebut pembelajaran berbantu komputer (Computer Assited Instructional/CAI), adalah salah satu media pembelajaran yang sangat menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Salah satu keunggulan penggunaan komputer dalam proses pembelajaran ialah untuk memfasilitasi interaksi peserta didik dengan sumber belajarnya yang terdapat pada komputer.
Bentuk format sajian program media pembelajaran bebasis komputer (CAI) menurut Bambang Warsita (2008:140), sebagai berikut:
1)        Tutorial
Program ini merupakan program yang dalam penyampaian materinya dilakukan secara tutorial, sebagaimana layaknya tutorial yang dilakukan oleh guru atau instruktur. Informasi yang berisi suatu konsep disajikan dengan teks, gambar baik diam atau bergerak, dan grafik.
2)        Praktik dan latihan (drill and practice)
Format ini dimaksudkan untuk melatih peserta didik sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaan suatu konsep.
3)        Simulasi (Simulation)
Program multimedia dengan format simulasi ini mencoba menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata.
4)        Percobaan atau eksperimen
Format ini mirip simulasi, namun lebih ditujukan pada kegiatan-kegiatan eksperimen.
5)        Permainan (game)
Tentu saja bentuk permainan yang disajikan di sini tetap mengacu pada proses pembelajaran, dan dengan program multimedia berformat ini diharapkan terjadi aktivitas belajar sambil bermain.

Sumber :
-          Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

No comments:

Post a Comment