Thursday, September 12, 2013

HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Hasil Belajar Matematika
Hasil belajar siswa pada hakekatnya adalah perubahan tingkah laku. Tingkah laku di sini dalam pengertian lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotor. (Nana Sudjana, 1995: 3)
Hasil belajar siswa bukan hanya berupa nilai yang diperoleh melalui tes, banyak hal lain yang dapat dikaitkan hasil belajar diantaranya adalah perubahan tingkah laku, sikap atau pribadi yang ditunjukkan oleh siswa. Ruseffendi dalam Yuyun Yuliawati sebagaimana dikutip oleh Santhi Meilae Sandy (2004: 15) menyatakan bahwa:
perlu diingat bahwa berhasilnya seorang siswa belajar tidak hanya lulusnya ia dari suatu atau keseluruhan test, tetapi juga terbentuknya sikap atau pribadi yang kita harap-harapkan sesuai dengan tujuan intruksional yang kita rumuskan.

Bayak faktor yang mempengaruhi proses belajar-mengajar yang hasilnya tercermin dalam bentuk hasil belajar. Adapun karakteristik hasil belajar adalah: (Yuyun Yuliawati, 2004: 11)  
(1) Hasil belajar merupakan tingkah laku yang dapat diukur, pengukuran tingkah laku tersebut dilakukan melalui tes hasil belajar. (2) Hasil belajar dapat dihasilkan  tinggi rendahnya baik berdasarkan tolak ukur yang ditetapkan terlebih dahulu oleh penilaiaan maupun yang ditetapkan oleh aturan yang ada. (3) Hasil belajar menunjukan hasil kegiatan yang dilakukan secara sadar dan sengaja. Tinggi rendahnya hasil belajar seorang siswa bergantung pada seberapa jauh seorang siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru setelah melalui proses belajar-mengajar. (4) Hasil belajar siswa mencakup ranah kognitif, psikomotor, dan afektif. Informasi ranah kognitif dan psikomotor diperoleh dari sistem penilaian yang digunkan untuk mata pelajaran yang sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar. Informasi ranah kognitif diperoleh melalui kuesioner, inventori, dan pengamatan yang sistematik.
Suatu proses pembelajaran dikatakan efektif dan efisien apabila proses tersebut dapat memperoleh hasil yang memuaskan, yaitu sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. (Nunung Nurjanah, 2007: 20)
Hal ini berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya kegiatan belajar mengajar juga bergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan perubahan positif yang dialami peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran di dalam kelas.
Sumber :
-       Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajat. Bandung: Rosda Karya.
-       Yuliawati, Yuyun. 2004. Skripsi: Korelasi Persepsi Siswaa Terhadap Pekerjaan Rumah dengan Hasil Belajar Siswa dalam Matematika di Kelas 1 SMA N 1 Dawuan. Cirebon: Universitas Swadaya Gunungjati.
-       Nurjanah, Nunung. 2007. Skripsi: Pengaruh Pembelajaran VCD (Video Compact Disk) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Studi Kasus di SD Islam Terpadu Sabilul Huda Cirebon). Cirebon: Departemen Agama RI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.

No comments:

Post a Comment